Menu

Mina Harapan Jaya - AMONIAK...itulah salah satu gas  yang sering menjadi kendala dalam budidaya ikan manapun baik ikan konsumsi maupun ikan budidaya. Dalam sistem budidaya lele konvensional amoniak muncul disebabkan oleh dua hal yaitu :
  • Pakan Pabrikan yang tidak sempat termakan oleh ikan, menjadi racun bagi kolam dengan amoniak yang muncul.
  • Feses dari kotoran ikan yang dibudidayakan dan terjadi dekomposisi di air yang menghasilkan amoniak.
Hasilnya air pada kolam ikan akan menjadi bau,  muncul tanda-tanda stress pada ikan, kesehatan ikan akan berkurang. Hal inilah yang sering menjadi kendala air kolam harus segara dibuang.
Bagaimana solusinya :
Solusi yang mudah yaitu dengan cara mengoksidasi amoniak yang ada di dalam air agar cepat menguap dan hilang. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mengucurkan air ke dalam kolam dengan bantuan pompa aquarium ketinggian pompa 1,5 meter. Seperti yang ada digambar. Pompa dimasukkan ke dalam kolam, lalu disambungkan dengan selang atau paralon, lalu dengan tekanan akan terjadi lompatan air ke dalam kolam.
Kegiatan ini akan membantu menghilangkan bau amoniak pada kolam dan meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam. Dalam hal meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam kegiatan ini merupakan salah satu syarat tehnik BUDIDAYA LELE PADAT TEBAR.
Dengan tehnik ini kami biasa membudidaya lele dengan kepadatan tebar minimal 200 bibit/ meter2 dan yang sudah kita uji 400 bibit/ meter2 dan kami siap membuat kepadatan tebar hingga 500  bibit/meter2. LUAR BIASA.
Semoga info ini bisa bermanfaat buat semua..

Ingin tau lebih detail silahkan datang GRATIS ke Randi Farm.Kami siap membagi ilmu dengan anda.

1 komentar:

  1. kalau lele ngambang ngumpul jadi satu,, trus banyak yg ati kenapa mas?

    BalasHapus

 
Top